HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN PSIKOLOGIS ANAK, KESIAPAN ORANG TUA DAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI POSYANDU KELURAHAN GUNUNG ANYAR

Main Article Content

Dwi Ernawati

Abstract

Pelatihan toilet adalah upaya melatih anak untuk bisa mengontrol buang air kecil dan besar. Pelatihan toilet dapat diberikan kepada anak-anak berusia 12 bulan hingga 3 tahun. Untuk mempraktikkan pelatihan toilet, kesiapan psikologis anak-anak dan kesiapan orang tua diperlukan. Dalam mengajar pelatihan toilet, orang tua harus memahami kesiapan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kesiapan psikologis anak, kesiapan orang tua dan keberhasilan pelatihan toilet di desa Posyandu Gunung Anyar Surabaya.


Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 100 responden dan total sampel 80 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Probability Sampling menggunakan pendekatan simple random sampling. Menggunakan data kuesioner dan analisis data uji Spearman Rho.


hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kesiapan psikologis anak dan keberhasilan nilai pelatihan toilet ? = 0,001 korelasi 0,850 hubungan antara kesiapan orang tua dan keberhasilan nilai pelatihan toilet ? = 0,001 dengan korelasi 0,704 di Posyandu Kelurahan Gunung Anyar


Implikasi dari penelitian ini diharap orang tua mengajarkan pelatihan toilet anak dari usia 1-3 tahun sehingga anak-anak dapat mandiri dalam melatihan toilet dan tidak lagi menggunakan popok

Article Details

Section
Articles

References

Rosyidah, F. A., Peni, T., & Laili, S. I. (N.D.). Hubungan Kesiapan Psikologis Dengan Keberha.silan Toilet Training Di Ra Az — Zahra Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo
Cavenett. (2013). Teori Perkembangan Toddler. Journal of Chemical Information and Modeling, 53{9 j , 1689—1699.
https://doi.org/10.l0l7/CBO978l107415324.004
lfalahina, D., Hikinah, N., Duta, U., & Surakarta, B. (2019). Korelasi Kesiapan Orang Tua Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia 18-36 Bulan./n/okr.s, 9(1), 68-73.
Indriasari, 5., & Putri, M. E. K. (2018). Kesiapan Toilet Training Pada Anak Usia 18-24 Bulan. Adi Husada Nursing Journal, 4(2), 40—46.
L. Ayn, D. Supriyanti, M . W. (2012). Hubungan Pengetahuan Ibn Tentang Ke.siayan Toilet Training Dengan Penerapan Toilet Training Pada U.sia 1-3 Tahun Di Po.syandu Balita Puskesmas Sido.sermo Surahaya. 8(7), 117— 121.
Learning, T., Anak, P., Toddler, U., Rw, D. I., Rw, D. A. N., & Malang, K. T. (2014). Hubungan yola n.sub orang tua dengan keherha.silan toilet learning yada anak asia toddler di rw 02 dan rw Dd kelurahan ilogonna.s malang . 2(3), 1-5.
Linda Khalimatus Sa’ diya,V. E. (2018). Tumhuh kemhang dan toilet yada mass golden age.
Mayasari, A. C., Hasdianah, Siyoto, S., & Rustam, M. Z. A. (2017).
Metode Penelitian Keyerawatan dan Stati.stir (Pertama). Malang: Media Nusa Creative.
Meysialla, L. N. (2018). JtlRNAL NERS Research 8 Learning in Nor.sink Science Hubungan Pola Penh Ibn Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak U.via 12-24 Bulan Di Paud Buah Hatt Kampar. 2(23).
Natasya, E. P., Aini, W., & Isinaniar, (2018). Gambaran Pelaksanaan Toilet Training oleh Guru di PAUD Duta School Gunung Pangilun Padang. Spektrum.- Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS ), 1¿2 j, 224. hnps://doi.org/10.24036/spektrumpls.v 1i2.l0256